Portal Teknologi: 6 Fitur Smartphone ini yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membelinya

Senin, 29 Mei 2017

6 Fitur Smartphone ini yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membelinya

6 Fitur Smartphone ini yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membelinya


Setiap smartphone mampu memberikan dan menawarkan fitur fitur terbaik yang mampu mencuri perhatian customer. Dari penawaran kualitas yang tinggi bahkan menawarkan harga yang murah sehingga membuat kita tergiur akan produk tersebut. Terutama disaat brand tersebut memiliki marketing yang sangat kuat sehingga membuat kita seakan terhipnotis dengan sales script nya.

Sayang, kebanyakan lupa bahwa itu adalah salah satu strategi marketing dari pemilik brand tersebut sehingga membuat kita tergitu untuk menggunakan smartphone tersebut. Tetapi setelah smartphone tersebut sampai ditangan anda ternyata bukanlah hal utama yang anda butuhkan untuk menunjang kinerja anda menjadi lebih baik.

Berikut kami jabarkan 6 fitur smartphone yang perlu anda perhatikan sebelum membelinya.

1. Jenis CHipset

Chipset adalah komponen utama yang perlu anda perhatikan karena chipset menjadi informasi yang dicari oleh mereka yang ahli dalam menetukan cepat dan atau tidaknya sebuah smartphone ketika bertugas. Chipset di indonesia ada beberapa jenis, seperti qualcomm snapdragon, apple a chip (untuk produk apple),mediatek, exynoss dan hisilicon kirin.

Mungkin beberapa point diatas terdengan merepotkan bagi beberapa konsumen tetapi kami sangat menyarankan anda untuk memperhatikan hal hal tersebut karena akan sangat berpengaruh pada performa perangkat anda.

2. Ketahanan Baterai

Ketahanan baterai untuk sebuah smartphone untuk zaman skarang merupakan hal yang sangat penting karena teknologi teknologi sebelumnya hanya bisa menawarkan ketahanan baterai yang tidak memadai. Sehingga pilihlah kapasitas batrai yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan anda. Menurut penelitian dari Kebiasan Konsumen membuktikan bahwa hampir sebagaian besar pembeli smartphone lupa akan hal ini.

Anda anda punya sebuah smartphone yang canggih, penampilan menarik, chipset terbaik, bahkan ram besar tapi daya tahan kurang dari 12 jam dan cepat panas maka tidaklah hal yang terlalu berguna untuk saat ini.

3. Kamera

Kamera sebenarnya bukanlah hal yang utama untuk kebutuhan dalam pembelian smartphone tetapi yang perlu ditekankan adalah kualitas dan kebersihan potret dari kamera yang ditawarkan. Ketika anda membeli smartphone tetapi kamera terlalu jelek tentu akan membatasi beberapa hal penting yang mungkin saja anda butuhkan ataupun jika menghasilkan hasil terlalu putih (tidak sesuai dengan sebenarnya) tentu akan menghasilkan gambar yang tidak otentik.

Smartphone zaman skarang setidaknya arus mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi meski dalam keadaan lampu atau cahaya yang terbatas. Nah silahkan periksa dulu smartphone anda, apa sudah menghasilkan hal yang anda butuhkan.

4. Ukuran RAM

Ukuran RAM untuk saat ini menjadi perhatian khusus karena aplikasi aplikasi android semakin meningkatkan kuliatasny tetapi efeknya juga meningkatkan pemakaian ram. Ketika ukuran RAM besar maka smartphone akan terasa ringan sehingga ketika diajak multitasking tidak akan cepat lag atau hang.

Hasil penelitian dari Lembaga Survey Customer membuktikan bahwa zaman skarang setidaknya 70% orang membuka lebih dari 3 aplikasi ketika sedang berselancar dunia maya dan hampir 70% juga melakukan update aplikasi secara rutin. Jadi jika anda memiliki RAM yang mumpuni maka hal ini gampang teratasi.

5. Kualitas Layar.

Pada awal awal keluarnya smartphone, mungkin ukuran 360 sudah cukup untuk meninkmati sebuah video tetapi pada zaman skarang ukuran 720 saja serasa masih kurang. Bahkan lebih banyak yang membutuhkan full HD ketika menikmati suatu video. Selain itu juga jangan lupa untuk memperhatikan tipe layar smartphone yang tersebar di pasaran sehingga ketika ada kerusakan gampang mencarinya

6. Service Center yang memadai

Mungkin ini bukanlah sebuah fitur dalam arti sebenarnya tetapi ini adalah sebuah kebutuhan yang harus dimiliki ketika anda membeli sebuah smartphone. Setiap smartphone secanggih apapun memiliki peluang atau celah rusak, bahkan sekelas samsung juga pernah menarik produk mereka dari pasarang. Sehingga pastikan apa service center tersedia dengan baik atau tidak.

Pada akhirnya, semua kembali lagi ke anda ketika hendak membeli sebuah smartphone, ketika kriteria kriteria yang anda butuhkan sudah terpenuhi maka pastikan juga sesuai dengan budget anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar